Thursday, November 15, 2007

Sekali Lagi, Komposisi!

Seni yang indah selalu bermulai dari komposisi atau tata pengaturan yang benar. Adagium indah karena benar selalu berlaku di sini. Hal tersebut juga berlaku pada fotografi wedding-pre wedding.

Kita selalu menginginkan foto yang enak dilihat bukan? Apalagi hal tersebut akan berlaku pada foto pernikahan kita. Oleh sebab itu fotografer yang baik selalu akan menghasilkan foto yang secara komposisi benar agar gambar yang dihasilkan menjadi sedap dipandang mata.

Cara mudah bagi fotografer amatir untuk menghasilkan komposisi yang baik tentu saja rumus dasar gambar: rule of thirds. Ya, mudahnya kita membagi gambar secara horisontal dan vertikal tiga bagian sama besar. Nah, fokus atau titik menarik gambar yang ingin kita hasilkan harus berada di satu atau lebih bagian sepertiga gambar. Terserah apakah itu memilih bagian pertigaan horisontal atau pertigaan vertikal.


Bingung? Gampangnya lihat 3 foto pertama di tulisan ini. Saya menempatkan objek utama pada sepertiga bagian, entah kiri atau kanan. Foto tersebut jadi menarik bukan. Bayangkan bila saya meletakkan obyek utama di tengah gambar. Tidak seatraktif seperti ini bukan?

Foto akan semakin menarik bila background atau obyek lain masuk di sepertigaan yang lain seperti pada foto kedua. Foto jadi memiliki karakter yang jelas.


Tentu tidak semua foto akan baik bila mengikuti aturan tersebut. Fotografer yang berpengalaman tentu akan tahu dengan sendirinya bagaimana komposisi yang tepat untuk obyek yang sedang dibidiknya.

Pada 2 foto terakhir, karena foto ini akan baik bila obyek berada di tengah, saya meminta salah satu untuk duduk. Dengan demikian obyek menjadi lebih dinamis. Tidak kaku.


Dibutuhkan pengalaman dan banyak berlatih untuk mendapat intuisi tentang komposisi. Apalagi dalam liputan pernikahan yang setiap momen berlalu dengan cepat, keputusan yang tepat dan cepat diperlukan untuk mendapatkan mimik pengantin yang baik namun juga dalam komposisi yang benar. Experience matters.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home