Thursday, November 15, 2007

Candid Photography

Banyak yang bingung dengan istilah candid photography. Candid sendiri bermakna sembunyi. Jadi ringkasnya istilah "candid" dalam dunia fotografi adalah foto yang diambil tanpa diketahui sang obyek bahwa ia sedang difoto.

Dalam dunia wedding photography, istilah candid ini banyak dipakai untuk dokumentasi pasangan pengantin dengan mimik atau gerakan yang wajar namun menarik. Ya wajar, sebab sang pasangan tidak dalam posisi formal siap difoto.

Di sinilah sang fotografer harus cerdik mencari sudut yang baik agar foto yang dihasilkannya menarik meskipun diambil dari sudut yang tidak diketahui pasangan pengantin.



Untuk fotografer, agar bisa memperoleh foto candid yang baik, sebaiknya Anda memiliki lensa dengan zoom yang panjang. Boleh dicoba antara 200mm hingga 300mm. Dengan lensa yang panjang, kehadiran sang fotografer tidak dirasakan oleh pasangan pengantin. Dengan demikian sang pengantin dapat tertawa lepas atau bersikap wajar namun menarik. Saat itulah sang fotografer harus melepaskan tombol pelepas rananya. Perhatikan dua foto di bawah ini.


Namun bila Anda memiliki lensa yang pendek, pandai-pandailah mencari sudut yang baik dari sang pengantin. Utamakan pengantin perempuan. Dua foto di bawah ini, mungkin tidak memenuhi syarat disebut candid fotografi karena saya mengambil dari jarak yang dekat dan juga, sang pengantin mengetahui keberadaan saya. Namun saya mencari sudut dan momen yang tepat sehingga sang pengantin terlihat dalam keadaan wajar dan tertawa lepas.


0 Comments:

Post a Comment

<< Home