Thursday, November 15, 2007

Konsep Pre-Wedding

Dalam setiap sesi pemotretan, konsep harus dipegang terlebih dulu agar foto yang kita hasilkan sesuai dengan yang klien dan fotografer inginkan. Begitu juga dengan pemotretan pra pernikahan atau pre-wedding. Apalagi pemotretan pra pernikahan ada dalam kontrol sang fotografer dan klien. Beda dengan pemotretan hari H pernikahan yang harus mengalir mengikuti susunan acara.



Kedua foto di atas diambil dengan konsep klasik namun masih up to date dengan pakaian-sehari-hari jaman sekarang. Oleh sebab itu sang pasangan diminta untuk mencari pakaian yang cukup tua namun masih enak dipandang dan nyaman dipakai. Sepeda tua sengaja dipajang untuk menguatkan kesan "jadul" alias jaman dulu.

Beda dengan ketiga foto di bawah ini. Calon pengantin perempuan, karena menggunakan jilbab atau kerudung, ingin mempunyai foto pre-wedding yang tidak terlalu intim. Supaya tetap terlihat menjadi foto pre wedding yang mesra dan bahagia, harus banyak hal yang dilakukan. Saya menggunakan konsep background yang blur dan foreground yang jelas pada foto pertama. Pada dua foto selanjutnya, saya berusaha mendekatkan keduanya, namun tidak terlalu rapat. Yang menjadi perhatian utama saya, keduanya harus terlihat saling mencintai dan bahagia.



Pada bagian ketiga di bawah ini, pasangan saya minta untuk benar-benar terlihat dimabuk asmara. Oleh karena itu aura kemesraan justru saya perlihatkan. Cara pengambilan posisi pasangan menentukan aura apa yang akan dimunculkan.


Yang terpenting, kenali pasangan terlebih dahulu. Karakter pasangan akan sangat menentukan. Pasangan yang kaku dan tidak terbiasa difoto sebaiknya tidak diminta untuk melakukan pose yang aneh-aneh. Malah akan jadi berkesan dipaksakan. Kalau menemui pasangan seperti ini sebaiknya pose-pose yang lebih formal yang dipakai, lalu coba dibuat menarik dengan sudut-sudut yang tidak biasa.

Bagi pasangan, usahakan ketika berada dalam sesi pemotretan tubuh dan perasaan dibuat serileks mungkin. Dengan sendirinya akan lebih mudah buat fotografer mengarahkan kalian.

1 Comments:

Blogger Hanila said...

OOh begitu ya...jadi hrs rileks, tapi kan biasanya cowok nie yg susah diajak begaya didepan kamera, hehehe

December 25, 2011 at 8:10 PM  

Post a Comment

<< Home