Thursday, October 30, 2008

Background Seperti Apa?

Banyak pertanyaan yang mengalir ke email saya bagaimana membuat foto di atas. Pertanyaan itu cukup menggugah karena saya yakin, mereka bertanya bagaimana membuat latar belakang foto yang tidak biasa seperti itu. Objek alias pasangan utama yang difoto justru biasa saja. Yang membuat foto tersebut menarik karena latar belakang yang tidak biasa. Dalam satu kesatuan, latar belakang membuat foto tersebut menjadi kuat.


Ok, saya jawab dulu pertanyaannya. Pertama, pastikan sinar yang masuk tidak terlalu banyak. Kalau sinar terlalu banyak akan membuat kecepatan rana harus dibuat cepat (kalau tidak akan over exposure). Jadi, usahakan membuat foto seperti di atas dilakukan pada waktu pagi atau sore. Buat ISO serendah mungkin (100 atau 50) dan diafragma sekecil mungkin (f 22 atau f 18). Rana, pada kasus di atas saya buat 1/4 detik. Jadi bentuk orang lalu lalang blur, tapi tetap jelas bahwa itu adalah kumpulan manusia. Anda bisa coba untuk menyetel menjadi 2 detik, namun bisa jadi objek utama ikut bergerak akibat terlalu lama lensa dibuka.

Terus terang saya berharap rana bisa saya buka 1 detik. Tapi hari itu sudah terlalu terik, sehingga kalau saya lakukan akan membuat foto over exposure (terlalu putih karena terlalu banyak cahaya masuk).

Semoga jawaban di atas bisa memuaskan.

Nah, lalu apakah background yang unik hanya bisa dilakukan di tempat-tempat yang unik, jauh, atau tidak biasa. Tidak perlu kawan-kawanku. Halaman berumput di depan rumah saudara, atau dinding bata yang sebenarnya terlihat biasa saja, namun bila fotografer mampu mengolahnya menjadi sesuatu yang unik, foto bisa menjadi terlihat berharga.

Seperti berikut ini.



Coba untuk mencari spot-spot yang unik untuk dijadikan background. Di dalam kamera, semua yang terlihat biasa, sehari-hari bisa menjadi luar biasa, outstanding, kalau Anda mampu membingkainya secara tepat. Coba pelajari foto yang saya hasilkan di bawah ini. Semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda.


1 Comments:

Blogger prabhamwulung said...

>>betty
thx 4 visiting...

January 18, 2009 at 8:35 PM  

Post a Comment

<< Home